Cara Menyampaikan Kritik Terhadap Teman Sekantor

Kritik Teman Sekantor

Sebuah Masukan atau kritik yang positif dibutuhkan di dunia kerja. Untuk sampai arah bersama dengan, kekeliruan butuh diperbaiki serta instruksi yang pas butuh jadi pegangan. Namun terkadang kita masih kesusahan dalam mengemukakan masukan yang baik. Jika kritik dikatakan lewat cara yang salah, bukanlah dapat melakukan perbaikan kondisi, yang ada justru akan jadi memperburuk kondisi yang ada. 

Mengemukakan masukan pada rekanan kerja ada juga seninya. Diambil dari buku Emotional Intelligence, Harry Lavinson, seseorang psikoanalis sebagai konsultan perusahaan punyai instruksi yang baik dalam mengemukakan masukan. Sedetailnya, langsung baca di sini, ya. 

1. Langsung pada Target 

"Kepastian," kata Lavinson, "penting buat pujian seperti perihal penting buat masukan. Saya tidak menjelaskan jika pujian yang setengah-setengah tidak punya pengaruh benar-benar, tetapi efeknya cuma dikit, serta Anda tidak belajar apa-apa darinya." dalam mengemukakan masukan, kita butuh langsung pada target. Kita butuh selekasnya menyodorkan kejadian yang riil, sutau insiden yang memvisualisasikan permasalahan penting yang memerlukan pergantian untuk satu kekurangan. 

Sering orang yang mengetahui dianya dinilai akan langsung patah semangat atau bersedih. Tetapi dengan menjelaskan apa yang telah dikerjakan secara baik, apa yang masih kurang, serta langkah melakukan perbaikan, karena itu masukan akan diterima lebih terbuka. Tidak butuh berbelit dan juga butuh keterangan yang tegas tentang permasalahan apa yang butuh diperbaiki. 

2. Menawarkan Satu Jalan keluar 

Mengomentari tidak sama juga dengan mempersalahkan. Masukan yang baik butuh dikatakan dengan tawarkan satu jalan keluar. Masukan butuh dimengerti jadi operan balik yang berguna. Masukan bisa membuka pintu mengarah pilihan yang lain yang tidak diakui oleh rekanan kerja kita. Ada kekurangan yang butuh diperbaiki serta jalan keluarnya dapat diketemukan bersamanya. 


Sama seperti dengan pujian, masukan akan efisien jika dikerjakan dengan lihat muka serta dalam situasi pribadi. Semestinya kritik dikatakan dengan berjumpa langsung, tidak sekedar hanya memakai memo atau lewat pesan teks. Dengan pertemuan langsung lihat muka, kita dapat memberikan kesempatan orang yang menerimanya untuk mengemukakan tanggapan serta keterangan. 

4. Sensitif 

Beberapa manager yang mempunyai kepekaan serta empati yang rendah, kata Levinson seringkali mengemukakan operan balik lewat cara menyakitkan hati. Jangan pernah dampak masukan justru berbentuk destruktif. Masukan sebenarnya untuk buka jalan ke arah perbaikan. Bukan membuat reaksi salah seperti rasa tidak suka, sakit hati, sikap defensif, serta menjauh. 

Mengemukakan masukan butuh dikerjakan dengan empati. Apa gampang? Buat beberapa orang kemungkinan sangat terasa susah. Tetapi untuk kebaikan bersama-sama dan perkembangan perusahaan, masukan yang membuat dibutuhkan untuk bikin pergantian yang lebih baik. 

Posting Komentar

0 Komentar